Sunday, January 20, 2013

Soal Pupur

Karena kemarin ngobrol soal pupur sama @litarasmi di Twitter, jadi kepikiran nulis post ini, yaitu tentang pelembab, sunscreen, dan powder.

Post ini bakal basic banget ya, saya yakin para remaja sekalian ada yang sudah pake segala macam serum dan cream yang dahsyat plus makeup gyaru dan Korea-korea yang imut (tapi somewhat bikin ngeri) itu.

Berdasarkan fakta bahwa UVA dan UVB yang tiap hari dengan setia dikirimkan matahari kepada kita menyebabkan premature skin aging (cek di sini dan google deh soal). Premature skin aging ini meliputi flek, keriput, kulit kendor, dll. Coba cek deh di wajah tante-tante yang sudah agak berumur, fleknya pasti di tulang pipi kan? Itu karena tulang pipi adalah bagian yang paling menonjol dan paling terpapar sinar matahari.

Well, di US sih orang-orang concern dengan pake sunscreen untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB karena mereka takut kena kanker. Tapi kita di Asia Tenggara yang kulitnya ga putih-putih amat mungkin ngga perlu setakut para bule, karena kulit gelap yang punya konsentrasi tinggi melanin lebih melindungi kita dari paparan UVA dan UVB.

Jadi sudah tahu pentingnya sunscreen kan? Ayo dipake! Eh belum punya? Oke deh, ini saya rekomendasikan beberapa sunscreen yang gampang ditemui di pasaran (supermarket atau drugstore).

1. Skin Aqua
Their Facebook: https://www.facebook.com/SkinAqua
Brand Jepang ini belum lama masuk ke Indonesia tapi sudah banyak yang heboh bilang bagus. Harganya ga mahal yaitu di bawah 50rb, tapi isinya agak sedikit sih, hanya 30ml. Si adek yaitu @fenny_leets sudah coba beli dan dia so far so puas. Teksturnya encer seperti sunscreen Jepang pada umumnya, dan mereka punya 4 varian. Cari yang sesuai kulit ya.
  • Skin Aqua UV Moisture Gel: perlindungan sinar matahari untuk kulit normal – berminyak
  • Skin Aqua UV Mild Milk : perlindungan sinar matahari untuk kulit kering – sensitif
  • Skin Aqua UV Whitening Milk : perlindungan sinar matahari sekaligus mencerahkan warna kulit 
  • Skin Aqua UV Moisture Milk : memberikan perlindungan sinar matahari lebih lama karena memiliki SPF 50 dan PA+++

2. Parasol

Nah, sunscreen yang satu ini mudah ditemukan di mana-mana apotik. Banyak review yang menyarankan sunscreen ini sebagai sunscreen yang murmer tapi mantap. Kalo tidak salah pilihannya ada SPF 15 dan SPF 33, dan ada dalam bentuk cream dan gel. Nanti saya survey ke apotik dulu, sekalian foto-foto.

foto menyusul

Sekarang baru kepikiran dua sunscreen ini sih. Nanti kalo ada sunscreen-sunscreen murmer bagus dan mudah didapat akan saya ulas lagi di blog ini. Btw, banyak juga yang suka dengan sunscreen dari merk-merk Korea (seperti Etude, The Face Shop, dll). Saya sendiri tidak demen. Selain harganya tidak murah, saya tidak pernah puas sama produk Korea. Overhyped banget.

Pertanyaan Selanjutnya: Pelembab?

Karena saya menyarankan pake pelembab terlebih dahulu sebelum sunscreen, @litarasmi menanyakan apa ada 1 produk yang sudah mengandung pelembab+sunscreen? Supaya ga ribet gitu.

Berdasarkan saran @gossmakeupartis (go check his videos out, he's a hunk) yang karena kulitnya berminyak maka skip pelembab dan langsung pake sunscreen di pagi hari, kalo kulit kita berminyak sepertinya sah-sah saja skip pelembab. Saya sendiri juga melakukan ini. Tapi terkadang jika setelah cuci muka kulit terasa kering, saya pake pelembab andalan saya yang super ringan (teksturnya mirip air):

foto menyusul

Ini punya saya yang masih beli di luar, yang di Indonesia kayanya ga ada botol besar gini. Adanya kemasan kecil di supermarket-supermarket pada umumnya.


Pake 2 tetes aja, tepuk-tepuk ke wajah, dan kandungan Super Hyaluronic Acid akan memberi kelembaban maksimal buat wajah. Produknya si Hada Labo ini banyak sih macam-macam, tapi saya cuma minat yang ini. Idih saya kok jadi promosi Hada Labo begini ya.


Dulu harus heboh nitip temen yang ke Singapore atau Malaysia untuk beliin di Watson, atau beli online lalu deg-degan nunggu barangnya datang kapan dan kena pajak berapa. Tapi kini Hada Labo sudah ada di Indonesia. Cihui! Cek ini: https://www.facebook.com/HadaLaboID. Bahan bakunya tetap impor dari Jepang, tapi pembuatannya di pabrik Rohto di Indonesia.

Tentu saja merk pelembab yang disukai masing-masing orang akan berbeda-beda. Sering kita coba-coba pelembab baru tapi tidak cocok dan wajah berakhir jerawatan atau  beruntusan. Maka bersoraklah hore haleluya wahai para wanita yang sudah menemukan pelembab yang cocok. Hore! Haleluya!

Saya belum terpikir pelembab+sunscreen dalam 1 produk apa yang baik. Nanti kalo ada informasi baru, akan saya post di lain waktu.

Pertanyaan Setelah Selanjutnya: Pupur.

Jadi ya, memakai sunscreen itu ada efek bersinarnya: Muka jadi bersinar karena kelihatan berminyak seperti lupa mandi pagi. Mau menjaga kecantikan kok malah jadi ga cantik! Tapi jangan khawatir. Kita mengatasinya dengan pupur! (Pupur ini bahasa mana sih ya).

Kalo kita tidak ribet ingin menutupi segala macam noda di wajah, kita tidak memerlukan heavy coverage foundation (liquid ataupun compact powder) sebenarnya. Pupur diperlukan untuk menjaga wajah tetap terlihat fresh seperti baru mandi. Akuilah, muka berminyak itu terlihat kucel dan tidak segar.

Yang paling aman dan tidak menyumbat pori adalah loose powder. Kalo tidak salah karena compact powder itu mengandung suatu bahan yang merekatkan butir-butir bedak tersebut supaya compact, dan bahan itu bisa menyumbat pori. Saya malas google untuk mencari fakta mengenai hal ini. Kalo salah mohon kasih tahu ya.

Loose powder yang murmer dan saya recommend karena banyak sekali review yang baik: Loose Powder Marcks dari Kimia Farma! Ha! Iya! Loose powder jadul bulat besar warna kuning itu! Banyak review bagus untuk bedak satu ini, dan bahkan dokter-dokter kulit sering merekomendasikan pake ini karena sangat ringan dan ga menganggu kesehatan kulit.

www.kimiafarma.co.id


Marcks Loose Powder punya 3 warna: putih, creme, dan rose. Saya tidak tahu warna putih tepung itu untuk wajahnya siapa. Saya juga tidak mengerti kenapa ada bedak warna merah muda (yang rose). Muka siapa sih di Indonesia raya ini yang cocok pake merah muda? Jadinya belang deh sama leher. Pilihlah yang koneng (warna creme), wahai saudara setanah air.


Tips: Pake loose powder dengan makeup brush jauh lebih mudah daripada pake sponge, dan hasilnya bagus, ga akan terlalu tebal. Tapi ambil loose powdernya dikit aja ya. Brush kesukaan saya untuk powder: ELF Powder Brush. Bisa ditemukan di online shops dengan harga sekitar 50rb-80rb. Kalo mau beli sendiri di US cuma $3 tapi ya sumonggo ribet bayar shippingnya--malah jadi lebih mahal.

Gambar dari websitenya.
Bisa juga cari yang modelnya mirip di Strawberry atau di tempat-tempat yang jual beginian.


Masih Ada Yang Penting!

Saya sering dengar banyak yang tidak suka sunscreen karena berat berminyak dan menyebabkan jerawat. Dulu sewaktu kuliah pun saya memakai sunscreen dan jadi berjerawat, lalu sempat tidak suka sunscreen. Tapi sebenarnya berjerawat itu karena kita tidak tuntas dalam membersihkan wajah di sore hari sepulang beraktivitas. Gunakan selalu: double cleansing! Pertama tanpa air, bersihkan wajah dengan cleansing milk atau cleansing oil. Berguna banget buat mengangkat kotoran dan sisa-sisa segala macam sunscreen dan powder. Kedua, cuci muka dengan sabun yang cocok.

Baik cleansing milk ataupun sabun wajah mudah ditemukan di supermarket. Pilihan ada segambreng, tinggal cari-cari review, temukan yang cocok, lalu coba :)


Aih ribet ya jadi wanita. @litarasmi ceritanya cuma mau pupuran, jadinya harus cari pelembab (optional), sunscreen, cleansing milk. Tapi demikianlah wanita! Ribet banget demi wajah masa depan yang gilang-gemilang minim flek dan kerutan. Ini investasi jangka panjang, teman!

2 comments:

  1. I have places where there are scars from acne from earlier on. Help? house acne treatments

    ReplyDelete
  2. I am 19 still with acne not horrible but it seems like there is always something on my face. Both my mom and dad and aunt have adult acne so i feel like its something that i will always have. Should i bring my concern up to my Dr? hormonal acne treatment

    ReplyDelete