#golkusederhana

Apa tujuan hidupmu?

Ini mungkin adalah salah satu pertanyaan paling filosofis yang ada. Jawabannya pun bisa cukup klise seperti "ingin bahagia" atau cukup agamawi seperti "ingin hidup memuliakan Tuhan."

Not that they are wrong answers. Punya tujuan hidup sangat penting, seperti wejangan si bijak Chesire Cat ketika ngobrol dengan Alice di dunia gila mereka:



Masalahnya biasanya kita hanya punya tujuan hidup yang muluk tanpa memikirkan harus lewat jalan yang mana untuk bisa berjalan ke sana. Lalu tujuan hidup itu pun terbengkalai karena kita letakkan di awan-awan, sementara kita hanya berjalan-jalan di bumi. Ngga akan nyampe-nyampe dong,

Lalu bagaimana?

Saya berusaha memecahkan masalah ini dengan mem-break down tujuan hidup muluk saya menjadi beberapa tujuan hidup jangka panjang, yang lalu saya break down lagi menjadi tujuan hidup jangka pendek.

Setelah punya tujuan hidup jangka pendek, ternyata jadi lebih mudah untuk melihat jalan-jalan yang harus dilewati untuk sampai ke sana. Supaya konsisten terus berjalan, saya membuat proyek kecil untuk diri saya sendiri, yang saya beri judul #golkusederhana.

#golkusederhana ini adalah rutinitas yang harus saya taati sampai menjadi kebiasaan yang baik. After all, I believe that habits become you. Dan saya benar-benar mulai dari hal yang sangat sederhana:

#golkusederhana: TIDAK TELAT MASUK KANTOR. 


Ini adalah bagian dari tujuan hidup jangka pendek saya: hidup dengan lebih teratur dan disiplin. Saya bukannya selalu terlambat ke kantor, tetapi selalu saja ada hari-hari dalam seminggu ketika saya menempelkan jari telunjuk ke mesin fingerprint, mesin itu mengejek saya dengan memamerkan angka 07:01 atau 07:02. (Yes, my office starts at 7, people!)

Lucu sekali, hanya dengan membuat proyek kecil ini, saya sangat terpacu untuk bangun lebih pagi, dan dengan bangga saya umumkan, sejak dimulai:

oalah typo ternyata haha...

saya hanya gagal di 3 hari pertama dan gagal di 2-3 hari karena keadaan darurat (seperti telat bangun, hp hang sehingga alarm tidak berbunyi, mules di pagi hari) selama hampir sebulan ini! Yayness!

Jadi, berikut ada beberapa tips untuk memiliki gol dan actually melakukannya:
  1. Bikin gol yang specific dan attainable.
  2. Tuliskan gol ini somewhere, preferably at social media supaya terasa ada tanggung jawab publik getoh. (Padahal ga ada juga yang baca tweet saya hoahahaha)
  3. Yakinkan diri bahwa punya gol itu sangat bermanfaat dan memberi kita rasa puas tersendiri ketika kita berhasil!
Jadi, siapa yang mau ikut punya #golkusederhana?


Disclaimer: Oh well, meskipun sudah menulis panjang lebar tentang tujuan hidup dan gol, saya belajar untuk selalu siap dikejutkan oleh kehidupan. Yang berarti tujuan hidup rancangan saya bisa menjadi berantakan, dan saya harus menata ulang semuanya lagi. Anyway, that's what gets life exciting, right? ^__^




Comments

  1. Hore saya nemu blog yang menarik (menurut saya) dan langsung join..bener banget tujuan hidup yang spesifik itu perlu mbk..thanks reviewnya mbk, jadi nginget lagi tujuan hidupku. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Good luck bikin gol-gol kecil dan tujuan hidup tercapai ya...

      Delete
  2. Aduh..itu terkdang jg yg selalu terjadi.TELAT. setuju beljr disiplin penting. Artikel bgs fang

    ReplyDelete
  3. Aduh..itu terkdang jg yg selalu terjadi.TELAT. setuju beljr disiplin penting. Artikel bgs fang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pilih testpack yang mahal atau yang murah?

Bakso B2 Jl. Polisi Istimewa Surabaya [Makan Ngemper Review]

Facial Review: Facial Ozon Herbal at Profira Aesthetic & Anti Aging Clinic